LABORATORIUM

LABORATORIUM CNC

Kemajuan teknologi computer saat ini sangat pesat. Computer telah diaplikasikan ke dalam alat-alat mesin perkakas yang di antaranya mesin bubut, mesin frais, mesin skrap,mesin bor dan lain-lain. Hasil perpaduan teknologi computer dan teknologi mekanik inilah yang selanjutnya dinamakan CNC (computer numerically controlled), Sistem pengoprasian CNC menggunakan program yang dikontrol langsung oleh computer. Secara umum kontruksi mesin perkakas CNC dan system kerjanya adalah sinkronisasi antara komputer dan mekaniknya. Jika di bandingkan dengan mesin perkakas konvensional yang sejenis, mesin perkakas CNC lebih baik dari segi ketelitianya, keteapatan, fleksibilitas dan kapasitas produksi. Sehingga di jaman modern ini banyak indutri-industri mulai mengganti mesin-mesin perkakas konvensional dan beralih menggunakan mesin CNC. Secara garis besar pengertian mesin CNC adalah suatu mesin yang di control oleh computer dengan menggunakan bahasa numeric (perintah gerakan yang menggunakan angka dan huruf). Mesin CNC tingkat dasar yang ada pada saat ini di bagi menjadi 2 kelompok, yaitu mesin CNC two Axis atau yang lebih di kenal dengan mesin bubut (lathe machin) dan mesin CNC three Axis atau yang lebih di kenal dengan mesin frais (milling machine).

Praktikum ini memeiliki tujuan-tujuan yang penting yaitu:

1. Untuk mengoperasikan mesin CNC TU 2A sesuai tujuan pekerjaan dengan benar.

2. Bisa membuat, mengedit mengevaluasikan dan mencoba program CNC dengan menggunakan plotter.

3. Memilih parameter permesinan (cutting speed, rpm, feeding, cutting time, tujuan pekerjaan dan jenis alat potong) yang sesuai dengan bahan akhir benda kerja.

4. Memasang benda kerja sesuai dengan gambar kerja.

5. Melakukan pekerjaan sesuai SOP.

Metoda pengumpulan data yang di gunakan dalam praktikum adalah sebagai berikut:

1. Metoda Pengoperasian

Penulisan membuat program, mengoperasikan dan mengamati proses CNC turning yang dilakukan dari awal sampai akhir.

2. Metoda Studi Literatur

Penulisan secara referensi atau tulisan yang berkaitan dengan proses CNC turning yang di lakukan.


LABORATORIUM PROSES PRODUKSI

Perubahaan waktu secara perlahan-lahan, telah merubah manusia dari keadaan primitif menjadi manusia yang modern, dengan berkembangnya kemajuan zaman tersebut, maka semakin kompleks pula kebutuhan manusia akan benda maupun barang yang bervariasi bentuk dan dimensinya. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan sempurna dalam proses pengerjaan benda kerja menjadi suatu bentuk produk yang kita inginkan sangatlah tidak mudah, mungkin kita akan menemui banyak hambatan dan kesulitan didalam proses pengerjaannya. Terlebih lagi jika kita dihadapkan dengan benda kerja yang bentuknya agak rumit serta memerlukan ketelitian ukuran yang sangat tinggi. Dan salah satu pemecahan untuk permasalahan-permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan mesin bubut.

Tujuan penulisan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui cara pengoperasian mesin bubut.

2. Mengetahui cara pembubutan baik teori maupun praktek.

3. Mengetahui macam-macam hasil pembubutan.

4. Mengetahui bagian-bagian utama mesin bubut.

Dalam penulisan laporan ini pembahasan tidak melebar maka dibatasi oleh beberapa batasan, antara lain:

1. Material yang digunakan adalah besi ST 40 dengan dimensi :

- Panjang : 120 mm.

- Diameter : 25,5 mm.

2. Pahat yang digunakan pahat rata dari bahan HSS (high speed steel).

3. Kecepatan putaran mesin bubut antara 560 sampai dengan 1030 RPM.


LABORATORIUM MECHANICAL DESIGN

Gambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud dari seorang sarjana teknik. Oleh karena itu gambar sering juga disebut sebagai “bahasa teknik” atau “bahasa untuk sarjana teknik”. Perbandingan antara bahasa dan gambar diperlihatkan pada tabel di bawah ini. Seperti tampak pada tabel, standar gambar merupakan tata bahasa dari suatu bahasa. Penerusan informasi adalah fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar. Gambar bagaimanapun juga adalah “bahasa teknik”, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif. Dalam hal bahasa, kalimat pendek dan ringkas harus mencakup keterangan-keterangan dan pikiran-pikiran yang berlimpah. Hal ini hanya dapat dicapai oleh kemampuan, karir dan watak dari penulis. Di lain pihak keterangan dan pikiran demikian hanya dapat dimengerti oleh pembaca yang terdidik. Keterangan-keterangan dalam gambar, yang tidak dapat dinyatakan dalam bahasa, harus diberikan secukupnya sebagai lambang-lambang. Oleh karena itu, berapa banyak dan berapa tinggi mutu keterangan yang dapat diberikan dalam gambar, tergantung dari bakat perancang gambar (design drafter). Sebagai juru gambar sangat penting untuk memberikan gambar yang “tepat” dengan mempertimbangkan pembacanya. Untuk pembaca, penting juga berapa banyak keterangan yang dapat dibacanya dengan teliti dari gambar.

LABORATORIUM METALURGI FISIK

Dasar Pengujian Pada pengujian ini adalah suatu bahan uji yang ditakik, dipukul oleh pendulum (godam) yang mengayun. Dengan pengujian ini dapat diketahui sifat kegetasan suatu bahan. Cara ini dapat dilakukan dengan charpy atau cara izod.

Pengujian Charpy dan Izod

Pada pengujian kegetasan bahan dengan cara impact charpy, pendulum diarahkan pada bagian belakang takik dari batang uji. Sedangkan pada pengujian impact cara izod adalah pukulan pendulum diarahkan pada jarak 22 mm dari penjepit dan takikannya menghadap pada pendulum.


LABORATORIUM HIDROLIK DAN PNEUMATIK

Dewasa ini pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada telah mendorong manusia untuk melangkah lagi ke depan dengan penuh rasa optimis. Hal tersebut harus ditunjang pula dengan sumber daya manusia dengan pengetahuan, kemampuan dan kreatifitas yang tinggi. Jika tidak individu tersebut akan makin tenggelam dan tergerus oleh arus globalisasi. Seiring dengan tingginya aktivitas teknik saat ini, menyebabkan kebutuhan akan instrument-instrument baru juga meningkat. Instrument tersebut dipakai agar aktivitas yang ada dapat memiliki efektifitas dan efisiensi yang tinggi dalam proses pengerjaanya. Saat ini upaya-upaya mulai dari inovasi dibidang teknis mekanik ataupun elektrik telah dilakukan dan dikembangkan untuk mencapai hal tersebut. Namun upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut masih belum dapat mencapai titik maksimum dalam aplikasinya. Atas dasar pemikiran tersebut, sistem Pneumatik dan Hidraulik kini mulai dikembangkan. Perkembangan ini membuat sistem Pneumatik dan Hidraulik dapat diaplikasikan keberbagai bentuk. Kini bukan hanya industri berkapasitas besar, industri kecil pun dapat mengaplikasikan sistem ini. Hal ini sangat penting karena akan membantu menciptakan atmosfer kompetitif di bidang teknologi industri. Elemen-elemen pneumatik maupun hidraulik telah mengalami perkembangan yang pesat, terutama dalam proses pemilihan bahan, manufacturing, serta proses desain. Gerakan yang dapat dilakukan oleh sistem Pneumatik dan Hidraulik ini antara lain adalah gerakan melingkar (cyling), gerakan lurus (linier), dan gerakan berputar (rotary).

Oleh karena itu pada praktikum Pneumatik dan Hidraulik ini diharapkan praktikan dapat mengetahui mekanisme dan fungsi operasional komponen-komponen Pneumatik dan Hidraulik serta bagaimana aplikasinya dalam kehidupan nyata. Adapun beberapa tujuan dari Praktikum Pneumatik ini, antara lain:

1. Untuk memenuhi mata kuliah praktikum pneumatik dan hidraulik di jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unioversitas Muhammadiyah Jakarta.

2. Mengaplikasikan apa yang telah didapat di bangku perkuliahan.

3. Mengasah keterampilan dalam merangkai sistem pneumatik.

4. Mempelajari kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang terjadi pada rangkain sistem pneumatik.

5. Mengetahui secara visual fungsi dari masing masing komponen sistem pneumatik.

6. Menambah wawasan dan referensi baru yang memungkinkan untuk memudahkan mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir.


LABORATORIUM PENGUJIAN MESIN

Setiap pompa mempunyai keraktaristik tersendiri,sesuai dengan yang telah direncanakan oleh pabrik pembuat pompa atau si perencananya (designer). Praktikum pengujian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari pompa centrifugal,sehingga para peratikum dapat langsung membandingkan antara hasil pengujian dengan teori yang mereka dapat. Praktikum pengujian ini juga bertujuan memberikan pengalaman praktis kepada setiap praktikum bagai mana cara mengoprasikan dan melakukan pengukuran terhadap parameter-parameter dari suatu pompa centrifugal.

- Karakteristik pompa pada putaran motor yang konstan.

- Karakteristik pompa dengan perubahan putara motor.

Dalam penulisan laporan praktikum, terdapat beberapa tujuan, diantaranya:

- Sebagai hasil kerja praktek penulisan pada praktikum pengujian mesin.

- Sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi penulisan pada umumnya pada pompa centrifugal

Pompa adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung secara terus menerus. Pompa beroperasi dengan prinsip membuat perbedaan tekanan antara bagian suction dengan bagian discharge. Dengan kata lain, pompa berfungsi mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga (penggerak) menjadi tenaga kinetis (kecepatan), dimana tenaga ini berguna untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada sepanjang pengaliran.

Teknik Mesin

  • Alamat: Jl. Cempaka Putih2 Tengah No.27, Jakarta

  • Telepon: (021) 425 6024

  • Email: info@ftumj.ac.id

Ikuti kami